Thursday, September 9, 2010

Nikah Tanggal 9 bulan 9 Jam 9 Lewat 9

Menikah tanggal sembilan bulan sembilan diyakini bisa membuat pernikahan langgeng

Para peserta nikah massal di Taipei, Taiwan (AP Photo/Wally Santana)


VIVAnews - Bagi ratusan pasangan di Taiwan, hari ini tanggal yang pas untuk menikah karena bisa membawa peruntungan. Itulah sebabnya pihak berwenang di Taipei menggelar upacara nikah massal bagi 163 pasang pengantin.

Bagi mereka, 9 September berarti tanggal sembilan bulan sembilan. Menurut kepercayaan nenek moyang, penyebutan angka sembilan dalam bahasa Mandarin mirip dengan kata "panjang umur." Bisa jadi, bagi pasangan yang berbahagia, menikah di tanggal sembilan bulan sembilan diyakini bakal dihinggapi kelanggengan.

Maka, acara pernikahan massal pun harus bernuansa serba sembilan. Pemerintah Taipei, sebagai penyelenggara, memulai acara pada jam sembilan lewat sembilan di tanggal sembilan bulan sembilan pada 99 tahun berdirinya Republik China (nama resmi Taiwan).

"Saya memberi selamat kepada semua pasangan," kata Walikota Taipei, Hau Long-bin.

Sepasang mempelai, Ryan Chen dan Chang Ya-chi, mengaku sudah lama ingin menikah pada hari ini karena angka sembilan sudah melekat pada diri mereka. "Saya lahir pada tanggal 9 September dan istri saya lahir pada tanggal yang sama berdasarkan kalender bulan. Maka saya menikah di tanggal ini dengan harapan pernikahan kami berdua akan tetap awet," kata Chen. (Associated Press)
• VIVAnews

sumber : http://dunia.vivanews.com/news/read/176937-di-taiwan-tanggal-9-bulan-9-cocok-untuk-nikah

No comments:

Post a Comment