Sunday, September 5, 2010

Foto-Foto Keindahan Letusan Gunung Sinabung Dilihat Dari Jarak Dekat


http://2.bp.blogspot.com/_YyXZ9LFygq0/THxoB6K04kI/AAAAAAAAAoA/jxh3eLoHWMI/s1600/mtsinabung7.jpg

Palang Merah Indonesia (PMI) memperkirakan setidak-tidaknya ada 12.000 warga mengungsi akibat letusan Gunung Sinabung di Karo, Sumatera Utara (Sumut). “Berdasarkan data sementara dari tim Satgana PMI, tercatat ada 12.000 warga dari tiga kecamatan dan 14 desa yang terpaksa mengungsi,” kata personil Satgana PMI Provinsi Sumatera Utara, Muhammad Irsal, ketika dihubungi dari Jakarta, Minggu.

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo menyemburkan asap tebal dan debu vulkanik, mulai Jumat malam . Sejak saat itu pula PMI Sumatera Utara telah mengerahkan lima personil Satgananya (Satuan Penanganan Bencana) ke lokasi . Muhammad Irsal merupakan salah satu personil Satgana yang saat ini bertugas siaga di lokasi Desa Sigaranggarang, Gunung Sinabung.

http://4.bp.blogspot.com/_YyXZ9LFygq0/THxoBmnnibI/AAAAAAAAAn4/2HqergLErbM/s1600/mtsinabung6.jpg

Lebih lanjut, Irsal menyebutkan beberapa lokasi yang terkena dampak, diantaranya yaitu Kecamatan Namanparang, Desa Bekerah, Simacan, Suka Nalau, Sigaranggarang, Kota Gunung, Kuta Rakyat, dan Kota Bayakan. Termasuk pula Kecamatan Payung, Desa Sukameria dan Desa Selandi, serta Kecamatan Tiga Nerkan, Desa Mardinding, Kutambaru, dan Desa Terdaji pun terkena dampak letusan Gunung Sinabung. Dalam proses evakuasi warga, PMI bergabung dengan tim dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), pemerintah setempat, Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan.

http://1.bp.blogspot.com/_YyXZ9LFygq0/THxnvu2g5zI/AAAAAAAAAnY/Rx6kcWFQOnw/s1600/327ff354.jpg

Irsal juga menjelaskan bahwa lokasi di sekitar kaki Gunung Sinabung sekarang sudah steril, lokasi sudah kosong. Seluruh warga sudah mengungsi ke tempat aman. “Warga diungsikan di Pendopo Kabanjahe dan Jamburligit,” kata Irsal. Satgana sejak Sabtu malam juga terus membantu evakuasi masyarakat korban letusan Gunung Sinabung, Sumut untuk dibawa ke tempat yang aman guna menghindari jatuhnya korban jiwa.

http://2.bp.blogspot.com/_YyXZ9LFygq0/THxnyGyT3uI/AAAAAAAAAnw/w5GFhCXNSpY/s1600/mtsinabung5.jpg

“Tengah malam tadi(Sabtu, red) , terasa ada guncangan yang cukup kuat. Itu adalah gempa vulkanik. Setelahnya, tampak puncak Gunung Sinabung mengeluarkan lava pijar. Api mulai membakar hutan di kaki gunung. Tak lama, turun asap tebal, dan membuat jarak pandang hanya lima meter. Penduduk segera kami bantu evakuasi ke lokasi aman,” kata Irsal..

Sejak Gunung Sinabung di Kabupaten Karo menyemburkan asap tebal dan debu vulkanik, PMI Sumatera Utara telah mengerahkan lima personil Satgananya ke lokasi di Gunung Sinabung, mulai Jumat malam (27/8). Kemudian secara berkala mereka memantau beberapa desa yang letaknya di kaki Gunung Sinabung. Pada Sabtu malam (28/8), seusai PMI membagikan 500 masker,kemudian tiga personil Satgana PMI Sumatera Utara beserta satu ambulansnya melakukan penyisiran dan berkeliling desa memantau kondisi terakhir.

http://4.bp.blogspot.com/_YyXZ9LFygq0/THxnwWdUFtI/AAAAAAAAAno/TrVcNLoJ54o/s1600/adf5d4bb.jpg

http://1.bp.blogspot.com/_YyXZ9LFygq0/THxnwHhGMOI/AAAAAAAAAng/_4Uwu29ExgI/s1600/a19db59c.jpg

http://3.bp.blogspot.com/_YyXZ9LFygq0/THxnvV3D92I/AAAAAAAAAnQ/gCE3IUqPzXI/s1600/7ec7d4a1.jpg



sumber :http://ruanghati.com/2010/08/31/foto-foto-keindahan-letusan-gunung-sinabung-dilihat-dari-jarak-dekat/

No comments:

Post a Comment